Minggu, 25 November 2012

Wisata Kawah Darajat dan Nuansa Unik Khas Kawah

Kawah Darajat merupakan lokasi pegunungan di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi Garut. [1] Ketinggian rata – rata Kawah Darajat ini adalah 1920 meter di atas permukaan laut, dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit dan berlembah dengan tingkat kemiringan lahan yang agak curam dan stabilitas tanah yang cukup baik serta daya serap tanah yang cukup.
Tempat ditemukannya sumber panas bumi yang saat ini dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), masing-masing Darajat I, Darajat II, dan Darajat III. Kawah ini berdekatan dengan Kawah Kamojang yang terletak di perbatasan Garut dan kabupaten Bandung.
Saat ini PLTP Darajat dikelola oleh Amoseas Indonesia Inc, anak perusahaan Chevron Texaco yang merupakan pionir dalam proyek pengelolaan panas bumi. Dalam mengelola PLTP Darajat, Amoseas bermitra dengan PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui anak perusahaannya, Indonesia
Terbentuknya sebuah kawah yang mengeluarkan uap atau gas merupakan sebuah fenomena alam yang berada di luar kendali manusia. Hal ini membuat kawah-kawah tersebut cukup unik dan langka sehingga kawah-kawah tersebut pun sering dijadikan obyek wisata. Diantara kawah-kawah tersebut ada sebuah kawah yang menjadi obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Garut, yaitu Kawah Darajat.

Obyek wisata Kawah Darajat ini dikelola oleh PT. Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina. Akan tetapi, kepemilikian lahan seluas 40 hektar yang merupakan keseluruhan kawasan obyek wisata Kawah Darajat berada di tangan Perhutani. Untuk dapat memasuki obyek wisata yang satu ini, anda harus memiliki izin yang dikeluarkan oleh PT. Amoseas, karena obyek wisata Kawah Darajat ini merupakan kawasan perindustrian yang masih mengandung banyak gas beracun yang bisa keluar kapan saja. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang melakukan penelitian tentang Kawah Darajat ini. Namun, tidak sedikit juga ada orang yang berkunjung ke obyek wisata Kawah Darajat ini untuk trekking ataupun untuk menikmati pemandangan alam khas kawah, seperti di obyek wisata Kawah Putih dan Kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Jika anda senang berwisata ke kawah-kawah yang biasanya penuh dengan belerang, maka obyek wisata Kawah Darajat ini bisa menjadi lokasi tujuan wisata anda selanjutnya yang dapat memberikan anda pengalaman baru, apalagi jika mengingat lingkungannya yang relatif bersih berkat campur tangan pihak-pihak pengelola yang memiliki nama baik.

0 comments:

Posting Komentar